Selasa, 21 April 2020

Pembelajaran Daring yang Ideal


Pembelajaran Daring yang Ideal

Al Hamdulillah malam ini, Allah masih memberi kesempatan kepada saya untuk dapat belajar menulis gelombang 8 melalui WA, bersama Wijaya Kusumah, M.pd., atau yang biasa kami panggil om Jay. Ramadan sebentar lagi menghampiri kita. Izin saya untuk mengucapkan “Mohon maaf atas segala kekhifan. Semoga kita dapat menjalani Ramadan kali ini -- ditengah wabah covid 19-- dengan ibadah yang khusuk. Dan semoga Allah menerima ibadah puasa yang akan kita jalankan”.


Wijaya Kusumah atau om Jay, pria yang selalu semangat menularkan ilmunya ini, dilahirkan di Jakarta pada tanggal, 28 Oktober 1972. Tidak banyak yang saya ketahui tentang masa kecil beliau. Pendidikan S1 beliau tempuh di IKIP Jakarta dengan mengambil Jurusan Teknik Elektro. Selanjutnya beliau melanjutkan pendidikan S2 di Unversitas Negeri Jakarta pada Program Studi Teknologi Pendidkan. Sekarang beliau sedang mengambil program doktoral pada universitas yang sama. Semoga beliau segera menamatkan studinya dan mendapatkan gelar doktor pendidikan. Saat ini, Keseharian beliau adalah sebagai  guru TIK di sekolah Lab. School Jakarta.


“Assalamu alaikum Waramatullahi wabarakatuh.  Selamat malam bapak dan ibu semuanya.  Malam ini kita akan kuliah online menggunakan aplikasi zoom, pukul 19.00-21.00 wib. Mohon yang belum punya aplikasi zoom dapat menginstallnya terbih dahulu”. Begitu beliau menyapa kami di group menulis gelombang 8, yang dilaksanakan lewat WA. Tak lupa juga, beliau kemudian membagikan tautan untuk bergabung dalam kuliah daring lewat aplikasi ZOOM Cloaud Meeting di https://us04web.zoom.us/j/2364758222.


Al hamdulillah sesuai waktu yang ditentukan, kami pun dapat bertemu dan bertatap wajah secara online. Namun sayang, suara host, om Jay, tidak jelas terdengar, ndut-ndutan -- bengitu kata salah satu peserta daring – dan kadang hilang sama sekali. Hal ini diperparah dengan jaringan internet yang buruk, sehingga kemudian aplikasi ini menjadi keluar masuk-keluar masuk. Dan akhirnya, Zoom tidak bisa dikases sama sekali. Terakhir hanya dapat menyaksikan beliau share slide show tentang pembelajaran daring yang idel. Dan Al hamdulillah, pagi ini om Jay membagikan rekaman audio yang sangat jelas.


Materi kali ini adalah Pembelajaran Daring yang Ideal. Semoga materi yang diberikan bermanfaat. Dari materi ini beliau mengharapkan setiap setiap orang dapat membuat karya tulis yang berbeda sesuai dengan pengalamannya masing-masing. Yang kedua beliau, memberikan gratis karya beliau yaitu, Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Buku ini harganya Rp. 100.000, bisa didapatkan melalui Gramedia atau secara on line. Buku ini diberikan gratis agar kemudian setiap guru dapat membaca dan membuat resensinya, kemudian hasil resensinya di share lewat blog masing-masing. Resensi ini diharapkan sudah selesai denga jarak waktu enam hari.


Dalan slide show yang telah dishare oleh om Jay, banyak sekali ilmu yang didapat bahwa pembelajaran online dapat dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, Live streaming Youtbe, group menulis lewat WA, dan lain-lain. Satu hal yang menarik dari slide yang beliau tampilkan adalah, Qoute dari om Budiman Hakim “Jangan menunggu ide datang lalu baru menulis, menulislah dulu, maka ide akan datang padamu”.  Selain itu Motivasi menarik disampaikan oleh pak Munif Cahatib untuk mulai menulis buku digital. Intinya adalah bahwa di era teknologi yang maju ini kita dapat melakukan semua dan tergantung kepada kemauan kita.

4 komentar:

  1. https://omjaylabs.wordpress.com/2020/04/22/pembelajaran-dari-yang-ideal-oleh-irene/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih om...ketika saya masuk juga kondisnya rama. saya hanya menjadi penedengar dg unmute mic saya. bebrapa menit kemudian Zoom tibul tenggelang dan akhirnya hilang. wassalam deh

      Hapus