Al hamdulillah, Allah amsih memberi eksehatan dan teurs bisa
mengikut kegiatan menulis gelombang 8 bersama om Jay. Malam ini materi yang
disajikan adalah Strategi Pemasaran Buku yang disampaikan oleh Bapak Agus Subardana,
S.E, M.M. Beliau adalh Dierector of Marketing Andi Publisher. Beliau dilahirka
di Jogjakarta, 11 September 1973. Pendidikan S1 Managementnya nya ditempuh di Uneversitas
Mercu Buana Yogyakarta. Gelar Magisternya Management Maketing di perolah di
Universitas Satya Negara Jakarta. Denagna ilmu yang dimiliki beliau melanglang
buana di dunia marketing dan dunia kampus.
Sebelum materi dimulai beliau membagikan mater ringkasan mengenai Strategi pemasaran buku. Dari materi
ini, peserta dapat bertanya jawab dengan beliau.
Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana
utama bagi proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Perkembangan industri penerbitan buku juga dipicu oleh
alasan keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri
lainnya khususnya barang konsumsi. Saat ini terdapat 1 328 penerbit yang
terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah
penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktive lagi. Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh
banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis jenis buku yang di terbitkan. Jenis jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis jenis
katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan
masyarakat.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum,
teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang
sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan
Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri
Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan
buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32
katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua
strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi
pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara
singkat sebagai berikut :
1.
Strategi Pemasaran Buku
Serangan Udara
A. Pemasaran lewat online
Saat ini yang sedang ngetren dan
gencar di dunia maya yaitu Strategi Pemasaran yang banyak di pakai oleh setiap
orang yang sudah mengerti teknologi internet yaitu berpromosi lewat Online
melalui website dan media sosial lainya. Kalau kita sudah mempunyai produk buku
yang jenis katagorinya banyak maka langkah awal kita harus buat website. Katakanlah website merupakan markas besar
untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan mempunyai website ini kita dapat
merencanakan promosi dalam melancarkan penjualan buku. Dan website tersebut
akan banyak kita isib produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan
lain sebagainya.
Untuk penjualan buku lewat
Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
- Media Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku yaitu sudah tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat telepon, w.a, sms, email, dll.
b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas
masing masing sesuai dengan kapasitas
kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas
kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
2.
Strategi pemasaran buku
serangan Darat
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara
lain :
a.
Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu
memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar
sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok
rutin di toko buku maka kita perlu
pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu
Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis
toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut
mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu
Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko
Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang
dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern
biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per
toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku
tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku
dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku
Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
·
Menguasai display buku ,
supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
·
Mengadakan promosi di
internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
·
Mengadakan Bedah Buku ,
Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
·
Mengadakan event tematik
sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
Dan masih banyak lagi program
promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
b. Directselling
Pemasaran Buku melalui
Direkselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
·
Buku Pendidikan (Buku mata
pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
·
Buku Teks Perguruan Tinggi
untuk semua mata kualiah
·
Buku Referensi untuk
jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori
tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan
pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). Tugas Tenaga Penjual /
sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing masing yang bertugas :
·
Kunjungan langsung ke tiap
sekolah
·
Kunjungan langsung ke
setiap kampus
·
Kunjungan langsung ke
setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat.
c. Melakukan Event Event
Kegiatan ini dilakukan dalam masa
normal. Diman orang banyak dapat berkumpul untuk melihat pruduk buku yang kita
tawarkan. Penerbit harus aktive dalam
melakukan event event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Demikian materi Strategi pemasaran buku yang disampaikan secara
singkat. Masih banyak lagi strategi
pemasaran buku yang belum tersampaikan, di lain waktu kita lanjutkan strategi
pemasaran buku selanjutnya. Terimakasih
semangat terus pak Suheri ... kita tadi sudah kenal di Zoom diskusi bersama om jay semngat membara terus ya
BalasHapus