Selasa, 14 April 2020

Menulis Artikel di Majalah Suara Guru PBPGRI


Menulis artikel di Majalah Suara Guru
bersama Dr. Jejen Mufah



Majalah suara guru adalah majalah tertua di indonesia. Majalah ini diterbitkan oleh pengurus besar PGRI, dan terbit bulanan.Kantor Majalah Suaraguru terketak di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta pusat. Sekali terbit majlah suara guru menerbitkan 5000 ekseemplar dan di distribuksikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Selain cetak majalah suara guru kini sudah mempunyai versi on linne. Bagi pembaca yang ingin berkunjung dapata langsung masuk ke situas http://pgri.or.id. 

Seperti majalah pada umumnya pada ragam rukrik di dalamnya. Ada opini, jurnal, riset nasional dan internasional, dan lain-lain. Inti opini aadalah gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi.  Artinya opini tidak akan khilangan topik. ia akn hadir ditengah kebijakan dan fakta pendidikan. Sayangnya tidak semua orang berhasil menangkap momentum untuk menanggapinya. Jurnal adalah artikel-artikel ilmiah yang dilakukan oleh guru. Jurnal ini akan menjadi salah satu penilaian untuk kenaikan tingkat bagi para PNS.

Secara garis besar tampilan Majalah suara Guru versi online seperti dibawah ini.


Bagi guru yang ingin menulis artikel atau jurnal dapat langsung mengirim tulisannya ke redaksi majalah suara guru yaitu: majalah.suaraguru@gmail.com. Syaratnya mudah yaitu:

  • Mengirikan foto diri
  • Menyebutkan nama
  • Tulisan tentang dunia pendidikan sebaiknya isu-isu hangat yang sedang terjadi
  • Sesuaikan dengan rubrik yang ingin diisi


Menurut Dr. Jejen untuk saat ini, majalah suara guru masih sangat kekurangan tulisan, baik arikel ataupun jurnal. Kalaupun ada yang masuk redaksi kebanyakan harus disunting dulu oleh editor.  Oleh karen itu bagi guru yang ingin mengirim naskah opini atau jurnalnya harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Naskah harus diketik dalam bentuk word
  • Maksinal 1000 karakter
  • Tidak mengandung sara
  • Naskah belum pernah dikirim atau dipublikasikan di media cetak/online lain
  • Naskah ynag sudah masuk dan diterbitkan oleh suara guru tidak boleh dikirim lagi kedia cetak/online lainnya.

Untuk saat ini, artikel yang dimuat di majalah suara guru belum mendapatkan honor. Insya Allah kedepan bila dana sudah mencukupi tulisan yang masuk kedaksi akan mendapatkan honornya. Selanjutnya Dr. Jejen menjelaskan bahwa untuk mengirim artikel tidak dipungut biaya. Semua artikel yang masuk akan diseleksi terlebih dahulu. Bila naskah layak tayang, maka redaksi akan menghubungi penulis melalui email. Untuk versi online naskah yang masuk dan siap tayang dapat dilihat dalam hitungan jam. Sedangkan untuk versi cetak terdbit dua bulan sekali.

Untuk guru yang tulisannya di muat dan ingin dikirimkan versi cetaknya, maka redaksi akan mengirimkan ke alamat penulis.





4 komentar:

  1. Lohhh kok gambarnya samaPak? He33. Semangat menulus.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah,tulisannya benar-benar singkat,padat dan jelas serta terarah,gambar yang di gunakan juga sangat memberikan motivasi yang luar biasa buat kita,artinya setiap orang pasti ingin berjabat tangan dengan orang nomor one di indonesia,sangat kreatif ,lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih...semoga suatu saat kita bisa mengalami hal yang sama dengan beliau

      Hapus