Selasa, 31 Maret 2020

Mencari ide bersama pak Agus Sampurno


Mencari ide bersama pak Agus Sampurno
Agus Sampurno | PSF Outreach
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.psfoutreach.com%2Fnode%2F74&psig=AOvVaw23fTffQBJ6Fv-YisQ4AGhX&ust=1585804745008000&source=images&cd=vfe&ved=0CA0QjhxqFwoTCNDegpu9xugCFQAAAAAdAAAAABAD
Sebuah kebanggaan bagi saya dapat bergabung dalam Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 8. Saya dapat mengenal Pak Agus Sampurno secara On Line dan mendaptkan ilmu yang luar biasa dari beliau. Ide-ide kraetif beliau dapat kita nikmati melalui blog beliau http://gurukreatif.wordpress.com. Kegiatan beliau juga sangat padat dan berkualitas. Beberapa jabatan yang beliau emban diantarnya:
1.      2015 sampai saat ini bekerja di Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach Jakarta.
2.      2018 Master Trainer Sertifikasi BNSP.
3.      2015-2013 menjadi Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat.
4.      2013-2000  menjadi guru dan Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta.
Prestasi-prestasi beliau yang dapat kita jadikan semangat untuk berkarya dan menjadikan ide tulisan adalah:
1.      2009 Peraih Blog Pendidikan terbaik Detik.com
2.      2010 Microsoft Indonesia Innovative Educators.
3.      2010 Wakil Indonesia di Konferensi Pendidik Microsoft se – Asia Pasifik di Singapura  
4.      2011 Pengelola Guru Era Baru oleh Acer Indonesia.
5.       2012  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany
6.      2014 Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal SM-3T.
7.      2014- 2016 Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta
8.      2014-2017 KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA.
Bagaimana mencari ide dalam menulis
Seorang penulis pemula biasanya akan kesulitan mencari ide dalam menulis. Ini adalah satu hal yang wajar ketika memulai suatu pekerjaan baru. Banyak hal yang harus disesuaikan. Termasuk mencari ide. Bagi pemula berbagai kendala yang ada selama menulis memang harus menjadi perhatian. Hal yang harus dilakukan tentu saja adalah terus belajar dan memperbaikinya. Dengan begitu tulisan yang ditulis atau dihasilkan akan semakin berkualitas. Kunci nya adalah terus belajar, rajin menambah referensi, kreatif, jangan takut salah, tuliskan langsung ide yang muncul.
Pada kesempatan ini pun sebelum beliau memulai kelas, beliau meminta kami untuk membaca sebuah artikel yang diambil dari https://www.kompasiana.com/indracharismiadji7513/5e789433097f365d9b0ab072/panduan-awal-mendesain-pembelajaran-dalam-jaringan-daring
Dari artikel di atas peserta diminta membuat tiga kata kunci.  Seperti biasa para peserta begitu antusias untuk menjawab tantangan tersebut. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan sumbangsihnya termasuk saya yang menjawab: Daring, Gaptek, Bosan. Beberapa peserta memberikan jawabnnya yaitu: Corona, Daring, Belajar; Desain, belajar, daring; Desain, pembelajaran, daring; Desain pembelajaran daring, standar proses, 4 pilar pendidikan unesco; Pendidikan, Daring, Pembelajaran; Daring, Pembelajaran, Solusi; Desain Pembelajaran, Pembelajaran Dalam Jaringan, Keterampilan sosial-emosional. Kemuadian beliau menanggapi jawaban dari kami dan mengharapan bahwa pada akhir pembelajaran semua mesti ada produk tulisan.

Selanjutnya beliau melanjtkan materi bahwa daalam membuat tulisan dimana pun tidak lepas dari cara menarik perhatian pembaca. Membuat blog sangatlah mungkin kita terinspirasi dari tulisan orang lain. Hal ini untuk membuat anda berpikir bahwa menulis itu mudah.

Untu memudahkan membuat judul tulisan paling manjur beliau menggunakan beberakata. Yang dirangkai dalam Persuasive Words That Controls Minds yaitu:

1.      You
2.      Free
3.      New
4.      Now
5.      Secret

Dalam bahasa Indonesia terjemahannya kira-kira adalah “kata persuasif yang bisa mengendalikan pikiran yang membacanya” yaitu:

1.      Anda
2.      Bebas
3.      Baru
4.      Saat ini/sekarang
5.      Rahasia

Setelah itu beliau kemudian melemparkan beberapa judul koleksi judul yang diinspirasikan dari tulisan diatas
1.        Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online
2.        Solusi Pembelajaran Daring BEBAS stress
3.        5 (lima) Aplikasi BARU untuk mengajar online
4.        Aplikasi online yang anda bisa mulai SEKARANG gunakan untuk mengajar secara online
5.        5 RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online

Dari deretan judul diatas mana beliau meminta kepada peserta untuk memilih mana judul paling mudah dan yang paling sulit untuk dijadikan sebuah tulisan. Lagi-lagi para peserta denga antusias menjawab. Mudah 1,  Sulit 5. Mudah 4, sulit 3. Mudah 4, sulit 2, dan masih banyak jawaban lain sesuai dengan selera dan kemampuan mereka.

Menindak lanjuti judul-judul yang diberikan pak Agus kemudian memberi contoh dengan mengambil Judul “5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online“


Secara mengalir beliau menuliskan urutan yang seakan mudah bagi kami untuk melakukannya, padahal pas mulai dikerjakan membutuhkan kerjakeras agar menjadi tulisan yang biak. Heheheheh. Beliau menjelaskan denga urutan sebagi berikut:

Pembukaan
Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau  distance Learning

Paragraph ke 2
Dalam menjawab tantangan ini, guru mesti memaksa dirinya agar bisa sukses dan belajar dari pengalaman.
Berikut ini adalah 5 hal yang mesti dilakukan guru agar dirinya handal dalam berpraktek sebagai guru jarak jauh.
1.      Membuat tugas kepada siswanya dengan simple saja. Simple bukan berarti gampang atau terlalu mudah. Simple disini berarti siswa tidak mulai dengan hal yang sama sekali baru, guru bisa mulai dengan tugas yang pernah siswa lakukan dan sedikit di modifikasi.
2.      Membuat jadwal atau calendar mingguan. Dalam seminggu siswa mesti tahu ia akan belajar apa dan menghasilkan produk apa. Hal ini juga cara guru menghargai orang tua siswa yang telah membantu siswa di rumah. Dengan memberikan gambaran mingguan artinya guru memberikan napas bagi orang tua di rumah tenggat waktu dan pikiran dalam membantu mengerjakan.
3.      Berani memodifikasi kurikulum. Terapkan prinsip merdeka belajar berikan tugas yang diluar kebiasaan namun menantang siswa. Membuat vlog misalnya anak pasti senang.
4.      Tetap menjadi guru. Jangan karena mediumnya berbeda maka dalam diskusi dengan siswa, anda jadi terlalu cair atau bahkan terlalu tegang. Tetaplah jadi guru yang tegas tapi ramah saat melakukan pembelajaran online.
5.      Ingat bahwa isi atau konten pembelajaran anda bisa dari mana saja. Variasikan sumber belajar maka kelas online anda akan menarik. Jika sumber belajar anda beragam, jangan terkejut jika siswa juga akan menjadi kreatif dalam menuangkan hasil belajarnya. Bisa lewat peta pikiran, vlog, blog atau infographic
Penutup
Dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu. Tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa punya dukungan yang sama dari orang tua siswa. Untuk itu ada baiknya selalu mengecek bagaimana siswa mengerjakan tugas nya selama pembelajaran dengan tipe online ini.
Contoh yang bagus dan dikerjakan dalam waktu yang waktu dan tempo sesingkat-singkatnya. Semoga kami dapat mengaplikasikan semua ilmu yang didapat dari pak Agus Sampurno dengan sebaik-baiknya. Terimaksih Pak Agus. Terimaksasih Ilmunya. Semoga Allah selalu memberi keberkahan kepada Bapak. Kami BANGGA bisa belajar dengan Bapak.

2 komentar: