Mencari ide bersama pak Agus Sampurno
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.psfoutreach.com%2Fnode%2F74&psig=AOvVaw23fTffQBJ6Fv-YisQ4AGhX&ust=1585804745008000&source=images&cd=vfe&ved=0CA0QjhxqFwoTCNDegpu9xugCFQAAAAAdAAAAABAD
Sebuah
kebanggaan bagi saya dapat bergabung dalam Kegiatan Belajar Menulis Gelombang
8. Saya dapat mengenal Pak Agus Sampurno secara On Line dan mendaptkan ilmu yang
luar biasa dari beliau. Ide-ide kraetif beliau dapat kita nikmati melalui blog
beliau http://gurukreatif.wordpress.com. Kegiatan beliau
juga sangat padat dan berkualitas. Beberapa jabatan yang beliau emban
diantarnya:
1. 2015 sampai saat ini bekerja di Putera
Sampoerna Foundation School Development Outreach Jakarta.
2. 2018 Master Trainer Sertifikasi BNSP.
3. 2015-2013 menjadi Kepala sekolah
Ananda Islamic School Jakarta Barat.
4. 2013-2000 menjadi guru dan Koordinator guru di Global
Jaya International School Jakarta.
Prestasi-prestasi beliau yang dapat
kita jadikan semangat untuk berkarya dan menjadikan ide tulisan adalah:
1. 2009 Peraih Blog Pendidikan terbaik
Detik.com
2. 2010 Microsoft Indonesia Innovative
Educators.
3. 2010 Wakil Indonesia di Konferensi Pendidik Microsoft se –
Asia Pasifik di Singapura
4. 2011 Pengelola Guru Era Baru oleh Acer
Indonesia.
5. 2012
The BOBs (Best of the Blogs)
Deutsche Welle Germany
6. 2014 Penulis Program Sarjana Mendidik
di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal SM-3T.
7. 2014- 2016 Pengkaji Naskah Pustekkom
Jakarta
8. 2014-2017 KPK (Komisi Pemberantasan
Korupsi) juri dan pelatih lomba inovasi
pembelajaran TK-SMA.
Bagaimana mencari ide dalam menulis
Seorang
penulis pemula biasanya akan kesulitan mencari ide dalam menulis. Ini adalah satu
hal yang wajar ketika memulai suatu pekerjaan baru. Banyak hal yang harus
disesuaikan. Termasuk mencari ide. Bagi pemula berbagai
kendala yang ada selama menulis memang harus menjadi perhatian. Hal yang
harus dilakukan tentu saja adalah terus belajar dan memperbaikinya. Dengan
begitu tulisan yang ditulis atau dihasilkan akan semakin berkualitas. Kunci
nya adalah terus belajar, rajin menambah referensi, kreatif, jangan takut salah,
tuliskan langsung ide yang muncul.
Pada
kesempatan ini pun sebelum beliau memulai kelas, beliau meminta kami untuk membaca
sebuah artikel yang diambil dari https://www.kompasiana.com/indracharismiadji7513/5e789433097f365d9b0ab072/panduan-awal-mendesain-pembelajaran-dalam-jaringan-daring
Dari artikel di atas
peserta diminta membuat tiga kata kunci. Seperti biasa para peserta begitu antusias
untuk menjawab tantangan tersebut. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan
sumbangsihnya termasuk saya yang menjawab: Daring, Gaptek, Bosan. Beberapa
peserta memberikan jawabnnya yaitu: Corona, Daring, Belajar; Desain, belajar,
daring; Desain, pembelajaran, daring; Desain pembelajaran daring, standar
proses, 4 pilar pendidikan unesco; Pendidikan, Daring, Pembelajaran; Daring, Pembelajaran,
Solusi; Desain Pembelajaran, Pembelajaran Dalam Jaringan, Keterampilan
sosial-emosional. Kemuadian beliau menanggapi jawaban dari kami dan mengharapan
bahwa pada akhir pembelajaran semua mesti ada produk tulisan.
Selanjutnya beliau
melanjtkan materi bahwa daalam membuat tulisan dimana pun tidak lepas dari cara
menarik perhatian pembaca. Membuat blog sangatlah mungkin kita terinspirasi
dari tulisan orang lain. Hal ini untuk membuat anda berpikir bahwa menulis itu
mudah.
Untu memudahkan membuat
judul tulisan paling manjur beliau menggunakan beberakata. Yang dirangkai dalam
Persuasive Words That Controls Minds yaitu:
1. You
2. Free
3. New
4. Now
5. Secret
Dalam bahasa Indonesia
terjemahannya kira-kira adalah “kata persuasif yang bisa mengendalikan pikiran
yang membacanya” yaitu:
1. Anda
2. Bebas
3. Baru
4. Saat ini/sekarang
5.
Rahasia
Setelah itu beliau
kemudian melemparkan beberapa judul
koleksi judul yang diinspirasikan dari tulisan diatas
1.
Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online
2.
Solusi Pembelajaran Daring BEBAS stress
3.
5 (lima) Aplikasi BARU untuk mengajar online
4.
Aplikasi online yang anda bisa mulai SEKARANG gunakan untuk mengajar secara
online
5.
5 RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online
Dari deretan judul diatas mana beliau meminta kepada
peserta untuk memilih mana judul
paling mudah dan yang paling sulit untuk dijadikan sebuah tulisan. Lagi-lagi
para peserta denga antusias menjawab. Mudah 1, Sulit 5. Mudah 4, sulit 3. Mudah 4, sulit 2,
dan masih banyak jawaban lain sesuai dengan selera dan kemampuan mereka.
Menindak lanjuti
judul-judul yang diberikan pak Agus
kemudian memberi contoh dengan mengambil
Judul “5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online“
Secara mengalir beliau
menuliskan urutan yang seakan mudah bagi kami untuk melakukannya, padahal pas
mulai dikerjakan membutuhkan kerjakeras agar menjadi tulisan yang biak. Heheheheh.
Beliau menjelaskan denga urutan sebagi berikut:
Pembukaan
Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau distance Learning
Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau distance Learning
Paragraph ke 2
Dalam menjawab tantangan ini, guru mesti memaksa dirinya agar bisa sukses
dan belajar dari pengalaman.
Berikut ini adalah 5 hal yang mesti dilakukan guru agar dirinya handal
dalam berpraktek sebagai guru jarak jauh.
1. Membuat tugas kepada siswanya dengan simple saja. Simple bukan berarti
gampang atau terlalu mudah. Simple disini berarti siswa tidak mulai dengan hal
yang sama sekali baru, guru bisa mulai dengan tugas yang pernah siswa lakukan
dan sedikit di modifikasi.
2. Membuat jadwal atau calendar mingguan. Dalam seminggu siswa mesti tahu ia
akan belajar apa dan menghasilkan produk apa. Hal ini juga cara guru menghargai
orang tua siswa yang telah membantu siswa di rumah. Dengan memberikan gambaran
mingguan artinya guru memberikan napas bagi orang tua di rumah tenggat waktu
dan pikiran dalam membantu mengerjakan.
3. Berani memodifikasi kurikulum.
Terapkan prinsip merdeka belajar berikan tugas yang diluar kebiasaan namun
menantang siswa. Membuat vlog misalnya anak pasti senang.
4. Tetap menjadi guru. Jangan karena
mediumnya berbeda maka dalam diskusi dengan siswa, anda jadi terlalu cair atau
bahkan terlalu tegang. Tetaplah jadi guru yang tegas tapi ramah saat melakukan
pembelajaran online.
5. Ingat bahwa isi atau konten
pembelajaran anda bisa dari mana saja. Variasikan sumber belajar maka kelas
online anda akan menarik. Jika sumber belajar anda beragam, jangan terkejut
jika siswa juga akan menjadi kreatif dalam menuangkan hasil belajarnya. Bisa
lewat peta pikiran, vlog, blog atau infographic
Penutup
Dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu. Tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa punya dukungan yang sama dari orang tua siswa. Untuk itu ada baiknya selalu mengecek bagaimana siswa mengerjakan tugas nya selama pembelajaran dengan tipe online ini.
Dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu. Tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa punya dukungan yang sama dari orang tua siswa. Untuk itu ada baiknya selalu mengecek bagaimana siswa mengerjakan tugas nya selama pembelajaran dengan tipe online ini.
Contoh yang bagus dan
dikerjakan dalam waktu yang waktu dan tempo sesingkat-singkatnya. Semoga kami
dapat mengaplikasikan semua ilmu yang didapat dari pak Agus Sampurno dengan
sebaik-baiknya. Terimaksih Pak Agus. Terimaksasih Ilmunya. Semoga Allah selalu
memberi keberkahan kepada Bapak. Kami BANGGA bisa belajar dengan Bapak.
Tulidannya jgn terlalu rapat suoaya lebih enak dibaca.
BalasHapusSpasinya ya pak. Atau kalimatnya?
BalasHapus