Selasa, 31 Maret 2020

Membuat blog


Membuat Blog Pemateri Bersama Om Dedy





Menulis adalah langkah awal agar pengetahuan ynag kita miliki terdokumentasi dengan baik. Tapi bagi saya menulis masih merupakan hal yang sangat sulit. Saya belum dapat merangkai kata menjadi kalimat yang baik dan benar. Saya juga belum dapat membuat alur dengan jelas dari sebuah tulisan. Lewat Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 8, om Jay memberikan tips mudah menulis bagi pemula. Beliau memberikan tiga tips dasar dalam menulis yaitu: pembuka, inti dan penutup.

Untuk dapat memperkaya tulisan kita, beliau juga menyerankan agar kita banyak membaca. Semakin banyak sumber yang dibaca semakin kaya kosakata yang kita punya. Dalam menulis biasanya kita mengalami kejeuhan dan kemandekan. Om Jay menyarankan kepada kita untuk terus menulis. Mengalir saja apa yang ada didalam pikiran kita, kita tulis.

Sebelum materi di mulai, beliau mengirimkan gambar sepirig siomay dan meminta kepada peserta Kegiatan Belajar Menuli Gelombang 8 untuk membuat sebuah tulisan berdasarkan gambar tersebut. Banyak peserta yang antusias untuk menulis menurut persepektif mereka. Ada yang sudah rapi dan enak dibaca. Ada yang hanya sekedar menulis. Dan saya termasuk orang yang belum berani untuk menuliskannya. Heheheh ....

Baiklah sekarang kita masuk materi.

Materi awal yang disajikan dalam Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 8 Melalui WA ini adalah bagaimana menjadi bloger dan youtuber. Dalam materinya beliau menyampaikan

 Langkah-angkah dalam  membuat blog adalah sebagai berikut:
o   Pertama niat
o   Kedua Membuat Email
o   Ketiga Sign Up di blogger.com, wordpress.com, kompasiana.com, dan masih banyak lagi provider lain   yang menyediakan platform yang gratis.

Menurut Om Ded, Blog adalah rumah kita, jadi kita bebas menentukan tema tulisan di blog kita. Beliau juga mengatakan blog itu dapat kita atur isinya semau kita.  Mau isinya seperti supermaket yang didalamnya semua serba ada,  atau fokus pada topik tertentu tertentu saja. Hias blog semenarik mungkin dan luangkan waktu untuk menulis tulisan sebagai bentuk kontuinitas kita, karena sekarang mempublikasikan tulisan bisa dilakuakn di Handphone.

Beliau juga menjelaskan kalau blogspot itu lebih tua dibanding wordpress, dalam dunia IT.  Edisi terbaru umumnya punya banyak kelebihan yang secara prinsip sebanarnya sama saja tergantung selera kita. Temanya boleh bebas. Menurut beliau isi blog boleh pendapat pribadi, boleh mengungkapkan pendapat orang lain dengan mencantumkan sumber dan linknya.

Selanjutnya apabila kita sudah membuat dan mengisi blog yang kita buat,  kita boleh menyertakan foto atau video supya lebih menarik. Hal ini dimaksudkan agar blog yang kita punya terlihat lebih interaktif dan menarik pembaca. Agar blog yang kita puya juga bisa dikunjungi oleh banyak orang dan mendapatkan masukan dari mereka, maka kita juga bisa menghubungkan blog kita dengan facebook, twitter, group WA dan sebagainya. Kita juga bisa mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar diblognya. Dengan demikian orang yang blognya kita kunjungi akan membalas mengunjungi blog kita juga,. Demikianlah etika nya. Adapun langkah-langkah untuk menghubungkan blog kita dengan dunia sosial media adalah sebgai berikut:
1.      pada bagian Setting klik share,
2.      pilih facebook, twitter dan sosmed lainnya dengan mengkopi linknya.

Saya juga sangat tertarik ketika Om Ded mengajak kami untuk membuat blog dan konten Youtube. Beliau menyampaikan Youtube itu bisa menjadi video simpanan untuk kita sehingga memori hp tidak mudah penuh.  Om Ded juga memberikan semangat untuk tetap bergairah dalam menulis. Menulis dimana saja dan akpan saja. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga motivasi menulis kita.
Terakhir beliau memberi pengetahuan kepada kita bahwa blog dan youtube adalah fasilitas luar biasa untuk kita meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita. Apapun yang kita tulis dan buat selagi dia memberikan manfaat bagi orang lain, maka insya Allah akn dikenang oleh orang lain.

Saya baru mau mengaplikasikannya heheheeh.

3 komentar: